Penyuluhan PHBS dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Dusun Limporiattang Peduli Akan Buang Sampah pada Tempatnya

Authors

  • Ruslang Universitas Puangrimaggalatung
  • Ambo Aming Universitas Puangrimaggalatung
  • Darwis Universitas Puangrimaggalatung
  • St. Rahma Universitas Puangrimaggalatung
  • Ani Fitriani Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

PHBS, Ramah Lingkungan, Sungai

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu cara masyarakat untuk  dapat menjaga kualitas kesehatannya. Dalam PHBS terdapat beberapa indikator yang dijadikan acuan dalam pelaksanaan PHBS salah satunya adalah tidak membuang sampah disembarang tempat atau disungai.  Perilaku  membuang sampah disembarang tempat dapat menmbulkan penyakit diare dan typoid yang rentan dialami oleh masyarakat terutama pada anak-anak.  Sehingga penting untuk mengajarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah disembarang tempat.  

Tujuan penyuluhan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Dusun Limporiattang, Desa Tadang Palie agar tidak membuang sampah sembarang tempat khususnya di sungai. Metode palaksanaan yang digunakan memberikan contoh pembuatan tempat sampah yang ramah lingkungan. Hasil pengabdian kepada masyarakat, ada beberapa masyarakat yang sudah membuat tempat sampah dan tidak membuang sampah disungai.

Downloads

Published

2021-02-28