Peningkatan Kompetensi Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Pelatihan Pidato Bahasa Inggris Berbasis Games, dan Meaningful Practices dengan Pendekatan Student Centered Learning

  • Ahmad Ghazali Samad
  • Sri Wahyuni Universitas Puangrimaggalatung
Keywords: Bahasa Inggris, Kopetensi Siswa, Pelatihan Pidato

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara Bahasa Inggris yang dianggap menjadi tolok ukur keberhasilan belajar bahasa Inggris. Disamping alasan tersebut, banyaknya lomba storytelling tingkat sekolah dasar dan sederajat menjadi ajang pembuktian prestasi siswa dalam penguasaan bahasa Inggris. Sehingga, beberapa sekolah memutuskan untuk melatih siswa untuk ketrampilan tersebut. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya ada beberapa kendala yang dihadapi oleh sekolah, seperti, kurangnya sumber daya manusia (SDM) untuk menangani kegiatan tersebut. Kegiatan ini bertujuan  untuk memberi solusi terhadap masalah prioritas yang dialami oleh siswa-siswa SD di Kecamatan Tempe yaitu rendahnya minat siswa untuk belajar berpidato bahasa Inggris (speech) masalah tersebut akan diselesaikan dengan mendesain sebuah program pelatihan pidato dalam bahasa Inggris yang menarik dengan melibatkan berbagai macam kegiatan seperti games, dan meaningful practices dengan pendekatan student centered learning. Yang proses pelaksanaannya dimulai dari pelatihan penulisan naskah pidato dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar, kemudian kegiatan ini dilakukan untuk menambah pengetahuan siswa-siswa mitra mengenai bahasa inggris, pendampingan membantu siswa belajar membuat naskah pidato dan berpidato dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar, terakhir tim memberikan pelatihan secara rutin kepada siswa-siswa di sekolah-sekolah mitra. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan kompetensi siswa dalam berpidato Bahasa Inggris dan  menghasilkan artikel ilmiah yang kemudian bisa  dipublikasikan di jurnal ber-ISSN.

Published
2019-10-19