Penyuluhan Pengetahuan Lingkungan Tentang Green School Bagi Guru-Guru dan Kepala Sekolah SD Se-Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang

Authors

  • Hasriyanti Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.54339/jurdikmas.v4i1.400

Keywords:

Pengetahuan Lingkungan, Green School

Abstract

Efektifnya pelaksanaan pengelolaan dan program konservasi lingkungan melalui program Green School sangat tergantung terutama pada peningkatan kesadaran, pendidikan, dan pelatihan yang relevan untuk masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, praktek ramah lingkungan hidup menuju Green School bagi guru-guru SD se-Kecamatan Enrekang, dan bagaimana proses pemberdayaan belajar mengajar yang diberikan kepada peserta didik tentang pengenalan alam dan lingkungan hidup menuju Green School, sesuai dengan tatanan jenjang pendidikan. Metode yang ditawarkan adalah metode observasi, metode bimbingan dan pelatihan, dan metode diskusi. Implementasi Green School dilakukan dalam tiga langkah strategis yaitu pertama, bidang kurikuler, pembelajaran lingkungan hidup dilakukan secara terintegrasi dengan mata pelajaran yang ada. Guru harus pandai mengemas pembelajaran dengan pemahaman dan pengalaman belajar yang aplikatif. Kedua, bidang ekstrakurikuler yaitu mengarah pada pembentukan kepedulian siswa terhadap pelestarian lingkungan melalui kegiatan penyuluhan lingkungan dan lomba karya lingkungan. Ketiga, bidang pengelolaan lingkungan sekolah yaitu melalui (a) pemanfaatan dan penataan lahan sekolah menjadi laboratorium alam seperti menjadi kebun dan tanaman obat-obatan, ajakan hemat energi dan air, daur ulang sampah melalui proses reduce, reuse, dan recycle, serta (b) pengelolaan lingkungan sosial dalam bentuk pembiasaan perilaku-perila-ku nyata yang positif di antaranya kedisiplinan, kerja sama, kepedulian, kejujuran, dan menghargai kearifan lokal.

Downloads

Published

2022-02-28