Sosialisasi UMKM Pengolahan Produk Inovasi Rumput Laut menjadi Rupiah “Pelatihan Pembuatan Rumput Laut menjadi Kerupuk”
DOI:
https://doi.org/10.54339/jurdikmas.v5i1.430Keywords:
Kerupuk, Pemasaran digital, Rumput LautAbstract
Tujuan dari program pengabdian ini adalah mengajarkan kepada masyarakat yaitu pengolahan produk rumput laut menjadi rupiah. Dusun Masiae,Desa Paojepe,Kecamatan Keera,Kabupaten Wajo,Sulawesi Selatan adalah salah satu desa yang memiliki potensi pertanian, perikanan dan lautan. Secara geografis, berjarak kurang lebih 258 Km dari Kota Makassar,kurang lebih 60 Km dari Ibukota Kabupaten Wajo dan sekitar 1,6 Km dari Kantor Kecamatan Keera, Dengan luas wilayah Desa Paojepe ini memiliki luas ± 32,2 Km2 dengan jumlah penduduk 1.799 Jiwa. Jumlah KK yang bekerja di sektor pertanian adalah 200 KK. Jadi kami berinisiatif untuk membuat program ini bertujuan untuk kebangkitan perekonomian desa. Karena biasanya dia hanya mengeringkan lalu menjualnya saja, Kemudian Masyarakat membutuhkan suatu diversifikasi produk olahan rumput laut yang mempunyai daya tahan lama tanpa bahan pengawet tambahan serta mudah diproduksi pada skala rumah tangga. Produk tersebut diantaranya adalah kerupuk rumput laut. Target luaran yang nantinya dapat memberikan manfaat dan merupakan suatu metode untuk memproduksi kerupuk rumput laut sebagai salah satu bentuk diversifikasi produk. Disamping itu dari desain proses akan diperoleh alat perajang kerupuk. Kegiatan program dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama adalah melakukan percobaan terlebih dahulu yang akan diterapkan di posko, tahap kedua mendesain peralatan produksi, tahap ketiga memberikan pelatihan dan pendampingan produksi serta pengemasan. Diharapkan mampu membantu masyarakat bertahan dalam masa pandemi ini maupun untuk periode yang berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi digital. Hal ini bisa dilakukan dengan mengembangkan inovasi pembuatan kerupuk rumput laut yang bervariasi, pengemasan yang baik, serta penjualan yang efektif dengan memanfaatkan digital marketing pada E- commerce maupun media sosial sebagai sarana strategi penjualan