Familiarisasi Sistem Pendidikan Ketarunaan melalui Pelatihan Baris-berbaris pada Sekolah Dasar Negeri 8 Samarinda Ilir
DOI:
https://doi.org/10.54339/jurdikmas.v5i1.460Keywords:
Baris-berbaris, Disiplin, KetarunaanAbstract
Kegiatan pengabdian ini ditujukan kepada siswa siswi di sekolah dasar khususnya SDN 8 Samarinda Ilir. Mitra merupakan warga sekolah SDN 8 Samarinda Ilir. Berdasarkan hasil observasi, SDN 8 adalah salah satu sekolah yang aktif melaksanakan kegiatan pramuka, dimana salah satu kegiatan adalah melaksanakan baris berbaris dimana ini dilaksanakan sebagai upaya untuk pembinaan karakter dan melatih kedisiplinan siswa. Pembina pramuka menyatakan bahwa membutuhkan bantuan berupa pendampingan pelatihan peraturan baris berbaris, kegiatan ini juga sebagai sarana pengenalan atau familiarisasi sistem pendidikan ketarunaan melalui keterlibatan Taruna Jurusan Kemaritiman sebagai instruktur baris-berbaris, Oleh sebab itu dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dilakukan pendampingan pelatihan baris berbaris dan. Kegiatan ini menghasilkan bantuan berupa ilmu dan jasa pendampingan untuk mendukung kegiatan baris berbaris dan juga membantu meningkatkan kedisiplinan siswa.