Implementasi Marketplace pada Penjualan Sayuran Organik

Authors

  • Herdi Fakultas Pertanian, Universitas Puangrimaggalatung
  • Tenri Sau Universitas Puangrimaggalatung
  • Syahrullah Fakultas Pertanian, Universitas Puangrimaggalatung

DOI:

https://doi.org/10.54339/agrotani.v3i2.229

Keywords:

Implementasi, Media Sosial, Pemasaran, Sayuran Organik

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Patila Kecamatan Pammana. Pelaksanaan penelitian ini mulai bulan Januari sampai bulan Maret 2021.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengimplementasikan marketplace facebook dan mengetahui bagaimana penjualan terhadap hasil produksi sayuran organik pada usaha tani Tribis Farms di Desa Patila Kecamatan Pammana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang dicapai dari penulisan skripsi ini adalah dengan adanya implementasi marketplace facebook, petani mampu memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau berbagai elemen masyarakat sehingga akan mendapatkan lebih banyak konsumen guna untuk meningkatkan penjualan produk, dan membantu perluasan bisnis dengan cepat, dengan kata lain dapat memperluas pangsa pasar sesuai dengan tujuan pemasaran. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Implementasi marketplace facebook sebagai strategi pemasaran belum efektif terhadap pemasaran produk sayuran organik untuk meningkatkan penjualan produk dan memperluas pangsa pasar.

Downloads

Published

2021-09-30