Penggunaan Berbagai Ukuran Umbi terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah Varietas Bima (Allium ascalonicum L.)

Authors

  • Aslidayanti Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Puangrimaggalatung
  • Nurcaya Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak, Fakultas Pertanian, Universitas Puangrimaggalatung

DOI:

https://doi.org/10.54339/agrotani.v4i1.420

Keywords:

Ukuran umbi, Pertumbuhan, Produksi, Bawang merah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Berbagai Ukuran Umbi terhadap pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah Varietas Bima. Dilaksanakan di Desa Arajang Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo yang pelaksanaannya berlangsung dari Februari sampai Mei 2020.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakuan Ukuran Umbi bawang merah terdiri dari 3 antara lain: ukuran kecil (U1), Ukuran sedang (U2) dan Ukuran Besar (U3). Setiap perlakuan diulang sebanyak lima kali, sehingga jumlah unit perlakuan sebanyak 15 (3 x 5). Selanjutnya setiap unit perlakuan ditanam pada setiap petakan yang telah disiapkan dengan ukuran 1 m x 1 m.  

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Perlakuan pengaruh berbagai ukuran umbi bawang merah terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah menunjukkan pengaruh yang tidak nyata terhadap semua parameter pengamatan, baik parameter pertumbuhan maupun parameter produksi. Berdasarkan hasil rata-rata pengamatan secara umum menunjukkan perlakuan ukuran umbi U2 (ukuran sedang) memberikan nilai rata-rata lebih tinggi dibanding dengan perlakuan ukuran kecil (U1) dan besar (U3). Sesuai hasil produksi yang diperoleh untuk ukuran sedang (U2) sebanyak 9,32 ton/ha, dan terendah perlakuan umbi kecil (U1) sebesar 8,20 ton/ha.

Downloads

Published

2022-03-31