Analisis Pemasaran Komoditi Unggulan Beras Beraroma “Pulu Mandoti” di Desa Salukanan Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang

Authors

  • Anwar Anwar Universitas muhammadiyah parepare
  • Irmayani Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurhaedah Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.54339/agrotani.v4i2.445

Keywords:

Komoditi, Unggulan, Pulut Mandoti

Abstract

Penelitian ini di lakukan di Desa Salukanan pada tanggal Penelitian ini akan dilaksanakan pada tanggal 05 bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran dan marjin pemasaran komoditi unggulan beras beraroma pulu mandoti di salukana dengan menggunakan metode analisis kualitatif melihat rantai pemasaran yang ada, teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara menggunakan koisener dengan jumlah sampel 20 responden. hasil analisis saluran pemesaran dari Beras Pulu Mandoti Di Desa Salukanan Kecamatan Baraka ini ada dua yaitu saluran I terdapat petani – konsumen akhir dan saluran pemasaran ke II yaitu petani–pedagang pengumpul–pedagang besar –pedagang pengecer –kinsumen akhir dan analisis margin pemasaran harga jual dan harga beli dari pemasaran pulu mandoti ini berbeda beda dari setiap saluran pemasaran. Maka dari itu untuk mencegah naik turunnya harga jual dari Beras Pulu Mandoti ini di perlukan stok Beras Pulu Mandoti semakin banyak agar beras ini selalu tersedia. Karena yang menjadi penyebap naik turunnya harga adalah karena keterbatasan dari stok beras pulu mandoti ini.

Kata kunci : komoditi Unggulan, Pulut mandoti

Downloads

Published

2022-09-30