Sistem Pemasaran Kulit Sapi pada CV. Ribas di Desa Lalabata Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.54339/agrotani.v4i2.449Keywords:
Kulit Sapi, CV. Ribas, Sistem PemasaranAbstract
Tujuan untuk mengetahui sistem pemasaran kulit sapi pada CV. Ribas di Desa Lalabata, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel yang digunakan sebanyak 2 sampel. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan bagaimana sistem pemasaran kulit sapi di Desa Lalabata Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemasaran kulit sapi di CV. Ribas, yaitu dari produsen ke pengumpul. Sistem pemasaran kulit sapi ini tidak sampai ke konsumen karena kulit sapi masih berupa kulit sapi basah yang belum diolah menjadi produk makanan, bagi pedagang tengkulak akan memasarkannya ke kota-kota seperti Jawa untuk diolah terlebih dahulu menjadi produk makanan seperti kripik kulit baru kemudian produk tersebut dipasarkan. kepada konsumen. Tahapan pengolahan kulit sapi adalah pembersihan, pengawetan, penimbangan, penetapan harga dan transaksi dengan pengepul.