Implementasi Pemasaran BMC (Business Model Canvas) Minuman Creamy Coklat Di CV B5 Al Fatih
DOI:
https://doi.org/10.54339/agrotani.v5i2.551Keywords:
Business Model Canvas, Coklat, Minuman CreamyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Model Bisnis Canvas minuman Creamy Coklat di CV B5 Alfatih. Sedangkan kegunaannya adalah diharapkan hasil penelitian ini dapat memperluas strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan creamy coklat di CV B5 Alfatih. Penelitian ini dilaksanakan di CV. B5 Alfatih Kelurahan Tempe Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo pada Januari sampai Maret 2023. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan yang ada di CV B5 Alfatih. Teknik Pengumpulan data menggunakan data primer berdasarkan hasil wawancara langsung dengan informan. Analisis data yang digunakan menggunakan Business model canvas yang terdiri dari sembilan blok bangunan yaitu Customer segment, Value propositions, Channels, Costomer relationship, Revenue streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnership, dan Cost Structure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penerapan strategi pemasaran berdasarkan model Bisnis Canvas memberikan manfaat yang signifikan bagi usaha minuman creamy coklat CV B5 Alfatih. Dengan fokus pada pengendalian biaya, inovasi, dan efisiensi operasional, perusahaan ini berusaha untuk tetap kompetitif dan mengoptimalkan hasil usahanya.