Efisiensi Pemasaran pada Manajemen Rantai Pasok Komoditas Padi di Kecamatan Kalukku, Propinsi Sulawesi Barat

Authors

  • Sadly Ashari Said Prodi Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.54339/agrotani.v5i2.557

Keywords:

Efisiensi pemasaran, Padi, Rantai pasok, Saluran pemasaran

Abstract

Ukuran kinerja pasar yang sering digunakan adalah efisiensi dalam pemasaran.  Efisiensi pemasaran dapat ditingkatkan dengan penerapan konsep manajemen rantai pasok di bidang pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran pada manajemen rantai pasok komositas padi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, diperoleh sebanyak 8 orang petani dengan kriteria petani pemilik atau penyekap yang mempunyai pengalaman usahatani dan beberapa petani yang menjabat sebagai ketua dan anggota  kelompok tani, dimana informasi petani, diketahui aliran produk yang melibatkan lembaga pemasaran lainnya dan dijadikan pula responden dalam penelitian ini yang ditentukan dengan snowball sampling. Analisis datan yang digunakan adalah analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran padi di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Saluran pemasaran tersebut telah efisien, dimana  pada saluran rantai pasok 1 dengan tingkat efisiensi 12,9 %, pada saluran pemasaran 2 dengan tingkat efisiensi 12,2 %, dan saluran pemasaran 3 dengan tingkat efisiensi 13,2 %.

Downloads

Published

2023-09-29