Persepsi Petani Sayuran di Kabupaten Wajo Terhadap Sosialisasi Marketplace (Studi Kasus di Kecamatan Belawa dan Gilireng)

Authors

  • Guna Darman Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian Peternakan, dan Perikanan
  • Muh. Aryan Alimuddin

Keywords:

persepsi, sayuran

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai Juli 2021 di Kabupaten Wajo. Tujuan dari Penelitian ini yaitu (1) mengetahui bentuk pemasaran sayuran yang selama ini diterapkan di Kabupaten Wajo, (2) menganalisis persepsi petani sayuran terhadap sosialisasi Marketplace sebagai media pemasaran sayuran di Kabupaten Wajo dan (3) menganalisis bentuk pemasaran sayuran online yang sesuai untuk diterapkan di Kabupaten Wajo. penelitian ini disusun menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus lapangan (case and field study). Berdasarkan hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa bentuk pemasaran sayuran yang selama ini diterapkan di Kabupaten Wajo tepatnya di Kecamatan Belawa dan Kecamatan Gilireng masih dalam bentuk konvensional dimana petani sendiri yang menjual hasil panennya di pasar juga dijual dengan perantara tengkulak yang sebelumnya sudah terikat perjanjian dengan pinjaman modal dan hasil panen dijual ke tengkulak. Selain itu, berdasarkan hasil penyebaran angket sebanyak 90,77% para petani “sangat menerima” atas adanya kehadiran marketplace khususnya marketplace Tanihub”, ini dibuktikan dengan sebanyak 37 orang responden atau 61,66% dari 60 orang sangat setuju.

Downloads

Published

2024-03-29