Peran Kepemimpinan dalam Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu

Authors

  • agam pasura Program Studi Administrasi Publik Program Pascasarjana Univeristas Puangrimaggalatung
  • Imran Ismail Program Studi Administrasi Publik, Universitas Puangrimaggalatung
  • Sitti Aminah Program Studi Administrasi Publik, Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan Public

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. peneliti bertujuan untuk mengetahui Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengolahan data kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedakan suatu fenomenal dilapangan dan menjabarkan temuan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dari tujuh informan diketahui bahwa Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu sudah berjalan dengan efektif namun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini didasarkan pada kategorisasi seperti adanya kendala pegawai maupun Camat dalam Kualitas Pelayanan Publik yaitu terjadinya kendala dalam fasilitas kantor. Sasaran atau target utama dalam penerapan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Latimojong yaitu memberikan Pelayanan Publik kepada masyarakat. Tujuan dari Pelayanan Publik sudah tercapai dan terlaksana dengan baik meskipun masih ada masyarakat yang kurang mendapatkan Pelayanan Publik. Untuk mencapai tujuan Kualitas Pelayanan Publik dilakukan dengan cara meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik terhadap masyarakat yang membutuhkan.

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2003. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Penerbit Refika Aditama
Gibson. 1996. Perilaku Organisasi. Jakarta: Rineka CiptaEmir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Hardiansyah. 2011. Kualitas pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta
Ibrahim, Amin. 2008. Teori & Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Bandung. Mandar Maju
Masun, Muhammad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE Moenir, H.A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara Moenir. H.A.S. 1998. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara Moenir. H.A.S 2008. Manajemen Pelayanan Umu di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Miftah, T. (2005). Managemen Kepegawaian Sipil Indonesia. Jakarta: Rajawali. Agung Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan
Moelong, J. Lexy DR. MA. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Thoha, M. (2005). Managemen kepegawaian sipil indonesia. jakarta: Kencana. Hal 24 Muchsan,.SH (1982). Hukum Kepegawaian. Jakarta:Bina Aksara.

Published

2023-10-21