Implementasi Kebijakan Pelayanan Admisitrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo

Authors

  • Armiyanti Armiyanti Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik, Pascasarjana Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Pelayanan terpadu, PATEN, Pelayanan publik

Abstract

Pelayanan Administrasi   Terpadu   Kecamatan   ( PATEN),   berdasarkan   Peraturan   Menteri   Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 . Kecamatan Wara Selatan sebagai bagian dari wilayah di Kota Palopo telah aktif dalam menyelenggarakan pelayan administrasi terpadu .Saat inibanyak masalah yang terjadi di masyarakat mengenai pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pada Kantor Kecamatan Wara Selatan KotaPalopo. (2) untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kebijakan PelayananAdministrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo. Peneliian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan implemtasi kebijakan pelanan administrasiterpadu kecamatan (PATEN) dalam rangka meningkatkatkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Camat Wara Selatan telah berjalan dengan baik dengan melihat proses yang terjadi yang memperhatikan faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Namun menghadapi beberapa kendala. Kendala tersebut berupa kurang optimalnya komunikasi antara pihak kecamatan dengan masyarakat, dukungan sumberdaya anggaran serta sarana dan pra sarana yang masih kurang.. Pelaksanaan PATEN di Kantor Camat Wara Selatan tersebut tetapberjalan optimal dengan faktor pendukung berupa jelasnya dasar hukum dan komitmen yang kuat dari aparatur yang bertugas.

References

Bungin, Burhan. 2011. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Easton, David. 1965. A Framework for Political Analysis. Prentice Hall.
Hardiyansyah. 2012. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, Dan Implementasinya.Yogyakarta: Gava Media.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju Kosim, E. 1988. Metode Sejarah; Asas dan Proses. Bandung: Jurusan Sejarah UNPAD (untuk kalangan sendiri) Mahmudi, 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Penerbit UUP STIM YKPN, Yogakarta
Mustari, Nuryanti. 2015. Pemahaman Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik.
Yogyakarta. Leutikaprio
Nugroho, Riant. 2012. Public Policy. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Pasolong, Harbani, 2007, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung
Rahmayanti, F., 2013. Prinsip dan Cara Kerja Autoklaf. hal 1-6.
https://www.scribd.com/doc/194212496/PrinsipDan-Cara-Kerja-Autoklaf diakses pada tanggal 8 Januari 2023
Riant Nugroho, 2008. Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Dinamika Analis
Utomo, Dian Sad. 2010. Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Jakarta: Direktorat Jendral Pemerintahan Umum, Kementrian Dalam Negeri Indonesia.
Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2016. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Solichin. 2014. Analisis Kebijakan: dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik.
Jakarta: Bumi Aksara
Syamsiar, Tesis 2012. Model Implementasi PNPM Mandiri di Kabupaten Wajo Syafri, Wirman. 2012. Studi Tentang Administrasi Publik,Jakarta: Erlangga.
Thoha, Miftah. 2010. Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta: Kencana. Ulber, Silalahi. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama. Winarno, Budi. 2008. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Jakarta: PT Buku Kita.

Published

2023-06-30