Kualitas Pelayanan Publik Bidang Keuangan Pada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Palopo

Authors

  • Ecce Ecce Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik, Pascasarjana Universitas Puangrimaggalatung
  • Syamsiar Syamsiar Program Studi Administrasi Publik, Pascasarjana Universitas Puangrimaggalatung
  • Besse Herlina Program Studi Administrasi Publik, Pascasarjana Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Kualitas, Pelayanan publik, Keuangan

Abstract

Salah satu bentuk fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat adalah pelayanan publik, yang dimaksudkan untuk mensejahterahkan masyarakat atau warga negara. Pelayanan publik profesional berarti pemberi layanan (pemerintah) bertanggung jawab dan akuntabel. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya dalam pelayanan keuangan  yang dilaksanakan di kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palopo yang beralamat di Andi Djemma No. 169. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara secara mendalam kepada informan, dan studi kepustakaan. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 3 orang informan kunci yaitu Informan kunci penelitian ini adalah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo, Kepala Bidang Anggaran BPKAD  dan Staf Pengelola Keuangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan keuangan masih tergolong belum berkualitas dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan keuangan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah seperti standar pelayanan, dan struktur organisasi, sedangkan faktor kemampuan aparat dan sistem pelayanan tergolong baik. Berdasarkan penelitian ini bahwa aparat di Ruang Pelayanan BPKAD Kota Palopo telah berupaya memberikan suatu pelayanan yang maksimal dalam pelayanan keuangan. Dalam pelayanan publik, faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan publik adalah komunikasi, sumber daya dan disposisi.

References

Arikunto, Suharsimi, 2011, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi VI. Cet. 14. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Batinggi, H. Ahmad.,2011, Pelayanan Umum, Ujung Pandang, UNHAS
Moenir, H.A.S., 2016, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Moerdiono, 1992, Birokrasi dan Administrasi Pembangunan : Beberapa Pemikiran Pemecahan, Sinar Grafika, Jakarta.
Moleong, Lexi J., 2017, Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke 36 Remaja Rosdakarya, Bandung.
M. Nur Rianto, 2010, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah, Bandung: Alfabeta).
Nurlia, 2019, Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Pengukuran Kualitas Pelayanan (Perbandingan antara ekspektasi/harapan dengan hasil kerja), Meraja Journal.
Osborne, David, dan Ted Gaebler, 1992, Reinventing Government : How the Entrepreneurial Spirit is Transforming the Public Sector, Addison-Wesley.
Pasolong, H., 2010, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung
Ratminto, 2004, Konsep-konsep Dasar Manajemen Pelayanan, Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.
Rasyid, M. Ryaas 2003, Kajian Awal Birokrasi Pemerintahan dan Politik Orde Baru, Yasrif, Watampone
Ruswanti, Endang,.2012, Pengaruh Service Quality dan Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty, Widya
Siagian, Sondang P., 1994, Patologi Birokrasi, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Soetopo, 1999, Pelayanan Prima, LAN RI, Jakarta.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Administratif, Alfabeta, Bandung.
Supranto, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.
Thoha, Miftah, 1996, Deregulasi dan Debirokratisasi dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Masyarakat : dalam Pembangunan Administrasi di Indonesia, LP3ES, Jakarta.
Zeithaml, Valarie A., (et.al), 1988, Servqual : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality dalam Journal of Retailing, Spring.
Zeithaml, Valarie A., (et.al), 1990, Delivering Quality Services : Balancing Customer Perceptions and Expectations, The Free Press, A Division of Macmillan Inc., New York.
Caesar, M. R., Basyar, A., Fathurohman, A. R., Chafshof, A. S., & Tasyali, D. (2021). Analisis Peran Struktur Organisasi Dalam Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Neo Politea, 2(1), 12-22
Nurlia, N. (2019). Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Pengukuran Kualitas Pelayanan. Meraja Journal, 2(2), 51-66.
Waliulu, E. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pemerintahan Di Kantor Kecamatan Teluk Ambon, Program Studi Administrasi Pembangunan Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin Makassar.

Published

2023-06-30