Kebijakan Partai Keadilan Sejahtera (Pks) Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik Di Kabupaten Luwu

Authors

  • Usri Usri Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik, Pascasarjana Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Kebijakan, Pendidikan, Politik

Abstract

PKS Kabupaten Luwu dalam melaksanakan program Pendidikan politik mendapatkan dukungan dan juga hambatan. Faktor pendukung meliputi adanya komitmen kuat dari pengurus PKS Kabupaten Luwu untuk meningkatkan pemahaman politik anggota partai dan masyarakat umum. Namun, PKS Kabupaten Luwu juga menghadapi hambatan dalam melaksanakan Pendidikan politik. Salah satu hambatan yang di alami yaitu adanya Pandangan negatif masyarakat terhadap partai politik menjadi salah satu kendala utama, hal ini mengurangi minat masyarakat untuk mengikuti program pendidikan politik yang diselenggarakan oleh PKS. Selain itu, kurangnya komunikasi yang baik antara pengurus DPC dan DPRa juga menjadi hambatan. Kurangnya koordinasi dan sinergi antara kedua pihak dapat menghambat pelaksanaan program pendidikan politik yang efektif. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, PKS Kabupaten Luwu menggunakan beberapa strategi kebijakan. Pertama, mereka melakukan sosialisasi yang intensif kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan politik dan peran PKS dalam membangun pemahaman politik yang baik. Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan pandangan negatif masyarakat terhadap partai politik dapat berkurang. Kedua, PKS Kabupaten Luwu meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara pengurus DPC dan DPRa. Dengan meningkatkan sinergi antara kedua pihak, program pendidikan politik dapat dirancang dan dilaksanakan dengan lebih baik. PKS Kabupaten Luwu juga berupaya memperkuat kualitas program pendidikan politik dengan mengundang narasumber yang kompeten dan memperluas jangkauan kegiatan pendidikan politik ke berbagai lapisan masyarakat. Secara keseluruhan, PKS Kabupaten Luwu telah melaksanakan Pendidikan politik melalui berbagai kegiatan dan strategi kebijakan.

References

Anam, H., 2021. Peran Partai Politik Dalam Membangun Nilai-Nilai Demokrasi Bagi Masyarakat Banyumas (Study Kasus Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dan Partai Amanat Nasional Kabupaten Banyumas). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Arrasyid, S., Husaini, Abidin, Z., 2020. Perkembangan Partai Keadilan Sejahtera Tahun 1998 – 2017. JIM 5.
Charmaz, K., 2014. Constructing Grounded Theory: A Practical Guide Through Qualitative Analysis. Sage Publications, London.
Creswell, J.W., 2013. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications, California.
Crittenden, J., Levine, P., 2018. Civic Education, in: Zalta, E.N. (Ed.), The Stanford Encyclopedia of Philosophy. Metaphysics Research Lab, Stanford University.
KPU Luwu, 2022. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu. URL https://kab-luwu.kpu.go.id/ (accessed 6.3.23)
Morse, J.M., Barrett, M., Spiers, J., 2002. Verification Strategies for Establishing Reliability and Validity in Qualitative Research. Int. J. Qual. Methods.
MPP PKS, 2021. Falsafah Dasar Perjuangan dan Platform Kebijakan Partai Keadilan Sejahtera.
Muchlisin, R., 2020. Pendidikan Politik (Pengertian, Fungsi, Bentuk dan Hambatan). URL: https://www.kajianpustaka.com/2020/06/pendidikan-politik.html (accessed 5.30.23).
Pasaribu, P., 2017. Peranan Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik. JPPUMA J. Ilmu Pemerintah. Dan Sos. Polit. UMA J. Gov. Polit. Soc. UMA 5, 51–59.
PKS, 2021. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Keadilan Sejahtera.
Pramono, A., 2018. Peran partai politik dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat dalam mewujudkan demokrasi di Kabupaten Belitung Timur di tinjau dari Undang-Undang Nomor 2 tahun 2011 tentang Partai Politik (Skripsi). Universitas Bangka Belitung.
Tuhuteru, 2022. Pendidikan Politik Kaum Muda Kontemporer. Azka Pustaka, Jakarta.

Published

2023-06-30