Kualitas Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo

Authors

  • Syamsiar Program Studi Administrasi Publik, Pascasarjana Universitas Puangrimagggalatung

Keywords:

Pelayanan, SDM, Sarana prasarana

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari berbagai keluhan masyarakat atas pelayanan dasar terkait pengurusan dokumen kependudukan pada Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan telaah pustaka, observasi dan wawancara, Analisis data melibatkan pengerjaan reduksi data yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi dan penyajian data sampai pada tahap penarikan kesimpulan verifikasi adapun dimensi yang menjadi alat analisis adalah sumber daya manusia, proses pelayanan, sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo dianggap berkualitas namun belum maksimal dengan berbagai aspek yang perlu diperbaiki antara lain disiplin, ketepatan waktu dan fasilitas kantor.

 

This research is based on various complaints from the public regarding basic services related to the processing of population documents at the Population and Civil Registry Office of Wajo Regency. The research method uses a qualitative approach with data collection methods using literature review, observation and interviews, data analysis involves data reduction work carried out by making abstractions and presenting data to the stage of drawing conclusions verification while the dimensions that become analysis tools are human resources, process services, facilities and infrastructure. The results showed that the services at the Population and Civil Registry Office of Wajo Regency were considered to be of quality but not optimal with various aspects that needed to be improved, including discipline, timeliness and office facilities.

Downloads

Published

2020-09-30