Efektivitas Pelaksanaan Program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri Sengkang

Authors

  • Maspawati Tokang Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Efektifitas, Pelayanan, Terpadu

Abstract

Pemerintah berupaya untuk memperbaiki kualitas pelayanan aparatur Negara kepada masyarakat dengan membuat penyederhanaan pelaksanaan pelayanan melalui kebijakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), sebagai upaya untuk mengurangi pelayanan yang cenderung berbelit-belit. Pengadilan Negeri Sengkang sebagai salah satu lembaga pemerintah yang sudah mencerminkan penerapan program Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang merupakan pengejawantahan dari Visi dan Misi Pengadilan Negeri Sengkang yang sejalan dari Visi dan Misi Mahkamah Agung Republik Indonesia.    Pada kenyataannya Pengadilan Negeri Sengkang telah mandiri dalam hal pelayanannya sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengesahkan berkas yang diajukan, terlaksananya proses koordinasi dan komunikasi yang baik sesama petugas PTSP, mekanisme dan prosedur juga tidak berbelit-belit, pengawasan pada akuntabilitas kinerja pegawai berjalan dengan efektif, serta adanya inovasi dalam hal pelayanan online demi lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah berjalan Efektifnya pelayanan yang dilakukan oleh ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri Sengkang meskipun masih membutuhkan perbaikan demi menjaga kualitas pelayanan yang diberikan.

The government is trying to improve the quality of service of the State apparatus to the public by making simplification of the implementation of services through the One Stop Service (OSS) policy, as an effort to reduce services that tend to be convoluted. The Sengkang District Court as one of the government institutions that has reflected the implementation of the one-stop Integrated Service program (OSS) which is a manifestation of the Sengkang District Court's Vision and Mission which is in line with the Vision and Mission of the Supreme Court of the Republic of Indonesia. In fact the Sengkang District Court has been independent in terms of its services so that it does not require a long time to validate the files submitted, the implementation of good coordination and communication processes among PTSP officers, the mechanisms and procedures are also not complicated, oversight of employee performance accountability runs effectively, and the existence of innovation in terms of online services in order to get closer to the community. The results of this study are effective with the services carried out by the One-Stop Integrated Services (OSS) at the Sengkang District Court, although they still need improvements to maintain the quality of services provided.

Published

2021-03-30