Hubungan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kelurahan Cempalagi Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo

Authors

  • Andi Anugrah Aco Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Kenyamanan

Abstract

Pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan atau pun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat seperti dalam pelayanan pajak, masih kurangnya jumlah petugas yang melayani pembayaran pajak sehingga belum bisa menjangkau semua masyarakat yang ingin membayar pajak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan publik, partisipasi masyarakat pajak bumi serta mengetahui hubungan Kualitas Pelayanan Publik dan partisipasi masyarakat dalam membayar di Pajak Bumi dan Bangunan Kelurahan Cempalagi Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena penelitian yang menggunakan data yang dapat dihitung untuk menghasilkan penafsiran yang kuat. Hasil penelitian mengemukakan bahwa dari 4 (empat) dimensi pelayanan publik yang dikemukakan oleh Tjiptono, yaitu kecepatan, ketepatan, kemudahan, kenyamanan.

 

The government has the function of providing various public services needed by the community, ranging from services in the form of regulation or other services in order to meet the needs of the community such as in tax services. pay taxes. The purpose of this study was to determine the quality of public services, community participation in land tax and to determine the relationship between the quality of public services and public participation in paying the Land and Building Tax, Cempalagi Village, Tempe District, Wajo Regency. This study uses qualitative methods because research uses data that can be calculated to produce a strong interpretation. The results of the study suggest that of the 4 (four) dimensions of public services proposed by Tjiptono, namely fast, accuracy, convenience, and comfort.

Published

2021-09-30