ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA OBJEK WISATA RUMAT ADAT ATAKKAE KECAMATAN TEMPE KABUPATEN WAJO

Authors

  • Amrizal Akmul

Keywords:

Pelayanan, Objek, Wisata, Atakkae

Abstract

Analisis Kualitas Pelayanan pada Objek Wisata Rumah Adat Atakkae Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan pada objek wisata Rumah Adat Atakkae Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo, dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukungnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sub Fokus yang digunakan yaitu kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan. Sumber data yang digunakan sebanyak 11 orang informan utaman yang terdiri dari 3 orang Aparat Dinas Pariwisata, 2 orang pengelola objek wisata, dan 6 orang anggota masyarakat. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti, dan instrumen pendukung adalah hasil wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan terhadap wisatawan pada objek wisata Rumah Adat Atakkae belum terpenuhi secara optimal, masih banyak kendala yang harus dibenahi baik dari segi fasilitas, sumber daya manusia, maupun partisipasi pemerintah dan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa kualitas pelayanan pada objek wisata Rumah Adat Atakkae sudah berjalan baik, namun belum maksimal dan masih perlu ditingkatkan lagi dengan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat.

Downloads

Published

2019-09-28