PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 WAJO

Authors

  • Jumahirah Universitas Puangrimaggalatung
  • Nur Rahmi Universitas Puangrimaggalatung
  • Muhlis Muhlis Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Hasil Pembelajaran, Pembelajaran Inquiri, Strategi, Bahasa Indonesia

Abstract

Low student learning outcomes caused by the use of monotonous learning strategies by subject teachers, especially
Indonesian subjects in class X SMK Negeri 8 Wajo district. This study aims to improve the learning outcomes of Indonesian
through the inquiri learning strategy on students of class X SMK Negeri 8 Wajo District. The data of this study is obtained
by using the learning outcome test conducted at the end of the cycle. Data results This research is processed using the
qualitative descriptive method of percentage. The results showed that there was an increase in student learning outcomes
of class X English subjects with average value in cycle I 61.85 and cycle II reached an average value of 84.5. Thickness of
learning in cycle I 62% or 13 students and cycle II with the determination of learning 90.47% or 19 students. With the value
obtained by the X Class students at the cycle of 75 and cycle II reached 90. This proves the increase in Indonesian learning
outcomes through the inquiri learning strategy on the class of X SMK Negeri 8 Wajo.

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan penggunaan strategi pembelajaran yang
monoton oleh guru mata pelajaran, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Negeri 8 Kabupaten Wajo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran
inquiri pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan melibatkan refleksi diri yang berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan
refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan siklus I dan siklus II yang memiliki rangkaian kegiatan yang saling
berkaitan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang dimulai pada bulan Maret
sampai Mei 2021 pada siswa kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan tes hasil belajar yang dilakukan setiap akhir siklus. Data hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan
metode deskriptif kualitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas
X mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata pada siklus I 61,85 dan siklus II mencapai nilai rata-rata 84,5.
Ketuntasan belajar pada siklus I 62% atau 13 siswa dan siklus II dengan ketuntasan belajar 90,47% atau 19 siswa. Dengan
nilai yang diperoleh siswa kelas X pada siklus I 75 dan siklus II mencapai nilai 90. Hal ini membuktikan adanya peningkatan
hasil belajar bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran inquiri pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Wajo

Downloads

Published

2022-12-30