PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DEBAT BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X IPS 1 MAAS’ADIYAH NO. 22 BONTOTENNE
Keywords:
Keterampilan Berbicara, Metode Debat, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara siswa yang masih tergolong rendah karena siswa tidak berani mengungkapkan pendapatnya, tidak mampu berbicara di depan umum, dan kurang percaya diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui metode debat bahasa Indonesia siswa kelas X MA As’adiyah No. 22 Bontotenne. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana antara siklus I dan siklus II merupakan rangkaian kegiatan yang saling berkaitan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang dimulai pada bulan Februari sampai April 2021 pada siswa kelas X IPS 1 MAAs’adiyah No. 22 Bontotenne dengan jumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara melalui metode debat bahasa Indonesia siswa kelas X dari siklus I dengan rata-rata 62,29 menjadi 78,29 pada siklus II. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 6 orang dan yang tidak tuntas 21orang, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 25 orang dan yang tidak tuntas 2 orang, dengan rentang nilai yang diperoleh pada siklus I yaitu 52-80 menjadi 70-92 pada siklus II membuktikan adanya peningkatan keterampilan berbicara melalui metode debat bahasa Indonesia siswa kelas X MA As’adiyah No.22 Bontotenne.