Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mikologi S1 Biologi Universitas Negeri Malang

Authors

  • Aswal Salewangeng Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun Ternate
  • Utami Sri Hastuti Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54339/scedule.v1i1.142

Keywords:

mikologi, kapang embung jelaga, handout, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukĀ  mengetahui kebutuhan bahan ajar mahasiswa pada matakuliah Mikologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 15 mahasiswa yang ditentukan secara purposive pada mahasiswa S1 Program Studi Biologi di Universitas Negeri Malang. Analisis kebutuhan mengacu pada tahapan rancangan instruksional pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Pengumpulan data peneltian menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan handout tentang identifikasi kapang embun jelaga dan pengamatan anatomi jaringan daun yang terinfeksi. Handout dipilih karena bersifat spesifik, praktis, dan ringkas. Diharapkan handout ini dapat membantu dalam memahami konsep kapang parasit pada tanaman pada matakuliah Mikologi.

Downloads

Published

2021-05-31