Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mikologi S1 Biologi Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.54339/scedule.v1i1.142Keywords:
mikologi, kapang embung jelaga, handout, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untukĀ mengetahui kebutuhan bahan ajar mahasiswa pada matakuliah Mikologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 15 mahasiswa yang ditentukan secara purposive pada mahasiswa S1 Program Studi Biologi di Universitas Negeri Malang. Analisis kebutuhan mengacu pada tahapan rancangan instruksional pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Pengumpulan data peneltian menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan handout tentang identifikasi kapang embun jelaga dan pengamatan anatomi jaringan daun yang terinfeksi. Handout dipilih karena bersifat spesifik, praktis, dan ringkas. Diharapkan handout ini dapat membantu dalam memahami konsep kapang parasit pada tanaman pada matakuliah Mikologi.