Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menggunakan Metode Discovery pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI MA Madani Alauddin

Authors

  • Dian Safitri Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.54339/scedule.v1i1.292

Keywords:

Metode Pembelajaran Discovery, Motivasi Belajar, MA Madani Alauddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar biologi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery pada materi sistem pencernaan siswa kelas XI MA Madani Alauddin . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di MA Madani Alauddin dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi siswa. Teknik pengumpulan data meliputi angket motivasi belajar yang dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Discovery dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 73,92 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,96. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa kelas XI MA Madani Alauddin.

Downloads

Published

2021-05-31