Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Peserta Didik Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Padi Bulukumba

Authors

  • Abdul Fattah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bulukumba
  • Ulfiah

DOI:

https://doi.org/10.54339/scedule.v2i2%20(Novermb.462

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri pada peserta didik kelas VI MIS Padi Bulukumba. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI MIS Padi Bulukumba tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 13 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk hasil belajar IPA, lembar observasi aktifitas peserta didik, dan angket. Data dari hasil tes, observasi, dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri pada peserta didik kelas VI MIS Padi Bulukumba mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar IPA dari 67,79 pada siklus I menjadi 82,58 pada siklus II, persentase peserta didik yang tuntas belajar yaitu 42,67 % pada siklus I menjadi 95,83 % pada siklus II serta terjadi peningkatan aktivitas peserta didik dalam proses belajar sesuai hasil observasi yang dilakukan selama penelitian.

Downloads

Published

2022-12-05