Peningkatan Soft-Skill dan Hard-Skill Terhadap Program Magang Studi Independen (MSIB) Mahasiswa Pendidikan Biologi

Authors

  • Sri rahayu Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bone, Bone, Indonesia
  • Erwing Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bone, Bone, Indonesia
  • Muliana Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bone, Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54339/scedule.v2i2%20(Novermb.467

Keywords:

Independent Study Internship (MSIB), Soft-Skill, Hard-Skill

Abstract

Peningkatan Soft-Skill Dan Hard-Skill Terhadap Program Magang Studi Independen (MSIB) Mahasiswa Pendidikan Biologi. Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian dari program kampus merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan. Program ini dapat dikonversikan dan diakui sebanyak 20 sks pada mata kuliah yang yang dikuliahkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan soft-skill dan hard-skill mahasiswa pendidikan biologi sebagai pengaruh dari program MSIB. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menyebar kuesioner berupa google form kepada mahasiswa yang telah mengikuti program MSIB yang berjumlah 12 orang. Instrumen yang dibuat terdiri dari lima indikator soft-skill 1) kemampuan dalam komunikasi, 2) kemampuan menyelesaikan permasalahan, 3) kepemimpinan, 4) kemampuan menyelesaikan konflik, 5) kesadaran terhadap budaya lain dan lima indikator untuk mengukur hard-skill 1) kritis, 2) kemampuan bersosialisai, 3) kemampuan menulis dan mengadakan riset, 4) kreatif dan inovatif, 5) keterampilan menggunakan teknologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program MSIB berpengaruh terhadap peningkatan soft-skill dan hard-skill mahasiswa pendidikan biologi.

Published

2022-12-05