Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MIPA 4 UPT SMA Negeri 2 Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.54339/scedule.v4i1%20(Mei).478Keywords:
Model Project Based Learning, modul penegelolaan sampah berbasis 6M, keterampilan proses sains, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan melalui penerapan model project based learning berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M pada siswa kelas X MIPA 4 UPT SMA Negeri 2 Soppeng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 4 UPT SMA Negeri 2 Soppeng tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 34 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I dan siklus II, yaitu aktivitas guru meningkat dari 66% menjadi 88% dan aktivitas siswa dari 64% menjadi 85%. Hal tersebut diikuti peningkatan keterampilan proses sains siswa dari 58% menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa penerapan model PJBL berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X MIPA 4 UPT SMA Negeri 2 Soppeng.