Peningkatan Hasil Belajar Biologi dan Aktivitas Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Melalui Media Ular Tangga Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Wajo

Authors

  • Sri Wahyuni Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Puangrimaggalatun, Wajo, Indonesia
  • Suriyah Satar Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura, Indonesia
  • Muhammad Arafah Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Puangrimaggalatun, Wajo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54339/scedule.v3i1%20(Nov.).480

Keywords:

Explaing, Facilitator, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran akibat model mengajar yang digunakan masih monoton, sehingga hasil belajar siswa rendah khususnya pada mata pelajaran Biologi di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitatorand Explaining melalui media ular tangga pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Wajo. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang dimulai pada bulan april sampai juni 2022 pada siswa kelas XI MIPA1 SMA Negeri 5 Wajo yang berjumlah 18 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitatorand Explaining melalui media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II 86.9 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pada siklus I 72.5. Jumlah siswa yang mencapai minimal 75 (KKM) pada siklus II 17 siswa lebih banyak dari pada siklus I dengan jumlah siswa 10 siswa sehingga terjadi peningkatan sebanyak 38.8%. Begitu pula dengan aktivitas belajar siswa rata-rata mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Published

2023-05-31