Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Media Pembelajaran Truth and Dare untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 5 Wajo
DOI:
https://doi.org/10.54339/scedule.v3i1%20(Nov.).481Keywords:
Numbered Head Together, Truth and DareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan media pembelajaran Truth and Dare pada materi sistem reproduksi pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Wajo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelasĀ XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Wajo yang berjumlah 19 orang. Adapun teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT(Numbered Head Together) dengan media pembelajaran Truth and Dare dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata pada siklus II sebanyak 89,47% lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pada siklus I sebanyak 78,94%. Begitupula dengan jumlah siswa yang mencapai minimal 75 (KKM) pada siklus II lebih banyak dengan jumlah 17 siswa dari pada siklus I berjumlah 15 siswa sehingga terjadi peningkatan.