Learning Continuum Berdasarkan Level Kesukaran pada Aspek Keanekaragaman Makhluk Hidup

Authors

  • Hanida Listiani Universitas Cenderawasih
  • Bambang Subali Universitas Negeri Yogyakarta
  • nurbaya Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.54339/scedule.v3i1%20(Nov.).485

Keywords:

learning continuum, level kesukaran, keanekaragaman makhluk hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah kisi-kisi learning continuum terkait aspek keanekaragaman makhluk hidup berdasarkan pendapat guru SD, guru IPA SMP dan guru Biologi SMA yang ditinjau dari level kesukaran. Kisi-kisi learning continuum ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei yang dilaksanakan di lima kota/kabupaten yang berada di provinsi D.I. Yogyakarta.  Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuisioner yang disebarkan secara online melalui google form. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 267 responden yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan memperoleh hasil bahwa kisi-kisi learning continuum terkait aspek keanekaragaman makhluk hidup yang disusun berdasarkan pendapat guru SD, guru IPA SMP dan guru Biologi SMA belum menunjukan adanya gradasi level kesukaran. Hal ini mengindikasikan bahwa guru SD, guru IPA SMP maupun guru Biologi SMA masih belum mempertimbangkan kesesuaian antara level kesukaran dengan tingkat perkembangan maupun jenjang pendidikan peserta didik. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang melibatkan pakar Pendidikan Biologi dan dilanjutkan dengan melakukan FGD (Focus Group Discussion) antara guru dan pakar untuk mempertimbangkan hasil yang telah diperoleh.

Downloads

Published

2023-05-31