Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54339/scedule.v2i2%20(Novembe.488Keywords:
Berpikir kritis, Media, InkuiriAbstract
Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap kemampuan berpkir kritis peserta didik kelas X UPT SMA Negeri 3 Wajo. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control groups design dengan memberikan perlakuan kepada kelompok kontrol sebagai pembanding. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 156 siswa sedangkan sampel berjumlah 51 siswa terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis peserta didik diukur menggunakan tes dalam bentuk essay dengan 5 butir soal. Data tersebut kemudian dianalisis dengan analisis n-Gain dan uji t hipotesis. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada perhitungan N-Gain diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen dengan skor 0,60 yang berada pada kategori sedang. Artinya terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Sedangkan berdasarkan hasil uji t hipotesis kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pasca dilakukan posttest yaitu thitung > ttabel (14,749 > 1,7108). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) disertai media Audio Visual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.