Mitigasi Bencana Desa Salotenga

(Penguatan Desa Salotenga sebagai Desa Tanggap Becana)

  • Rudi Karma Rudi Universitas Puangrimaggalatung
  • Muhlis Universitas Puangrimaggalatung
Keywords: Bencana, Mitigasi, Salotenga.

Abstract

Bencana alam adalah peristiwa yang sudah kerap terjadi di Desa Salotenga Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Bencana alam yang kerap terjadi di desa ini adalah Bencana Banjir dan bencana longsor daerah aliran sungai (DAS). Permasalahan yang muncul dari warga desa salotenga terkait bencana alam ini adalah sebagai berikut (1) Kondisi  desa  Salotengnga  yang  rawan  terhadap  bencana  alam  longsor Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Bencana banjir. (2) Minimnya pengetahuan warga terhadap bahaya dan dampak  bencana  alam  longsor Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Bencana banjir. (3) Belum adanya upaya untuk meminimalkan resiko yang bisa menimpa warga desa.

Berdasarkan kebijakan dan strategi Mitigasi Bencana PERMENDAGRI Nomor 33 Tahun 2006, maka Metode yang digunakan adalah Memberi penyuluhan serta pendidikan yang mendalam terhadap masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana. Penyuluhan ini akan dilaksanakan dengan melibatkan warga yang ada beserta aparat desa Salotenga.

Hasil dari kegiatan ini adalah (1) Seminar Mitigasi bencana dan (2) Pemetaan Medan. Seminar ini merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terkait Kesiapsiagaan bencana yang didalamnya dibagi kedalam beberapa materi. Dalam kegiatan kedua adalah pemetaan medan, maksudnya adalah mencoba memberikan gambaran umum kondisi desa Salotenga terkait daerah rawan banjir, juga mendata daerah aliran sungai yang rawan terjadi longsoran pinggiran sungai. Gambaran ini nantinya akan di padukan dengan peta desa yang juga  akan memberikan beberapa informasi lain didalamnya seperti alur efakuasi ketika terjadi banjir, titik pengungsian, dan posko tanggap bencana.

Published
2019-10-19